13 April 2018

Rahasia Sukses Menjadi Juara OSN Sampai ke Tingkat Internasional

Menjadi Sang Juara OSN  tentu memiliki cara belajar tersendiri. Itulah yang dimiliki Peter Addison Sadhani yang dibagikan dilaman ditsmp. Kami bagikan kembali cerita yang dibagikan Peter Addison Sadhani sang juara OSN IPA 2017  dan peraih predikat The Best Theory pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) 2017 pada tanggal 3-12 Desember di Belanda. Perkenalkan dulu Peter adalah Siswa SMP Santo Aloysius 1 Bandung. 

Peter Addison Sadhani

Sekarang kami ceritakan kembali apa kiat suskses yang dilakukan oleh peter sehingga bisa mendapatkan the best Theory di kancah internasional dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),  tidak lagi nasional lho !.  Tentu saja kita ingin juga seperti peter yang bisa go internasional.  Sekarang adalah momen yang tepat bagi kamu yang akan berkompetisi di olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi. 

Kata peter,  Cara belajar IPA yang diterapkannya adalah Kerja Keras,  Rajin Membaca dan Mengenal Konsep.  IPA yang dibagi secara umum didalamnya ada Fisika dan Biologi.  

Untuk bisa Biologi itu sesuatu yang hanya bisa diperoleh melalui kerja keras dan harus rajin membaca. Tidak hanya sekedar membaca tapi juga harus banya mengulang kembali supaya kita mengingat di otak.  Peter ternyata yang bercita-cita untuk mengembangkan agrikultur. 

Untuk bisa Fisika harus bisa menggunakan teori-teori yang sudah ada. Rumus yang sudah ada harus mampu digunakan secara bijak. Sedangkan untuk Biologi semuanya harus dengan berusaha keras. Di bagian tertentu, masih hafalan, terutama taksonomi.

Selain bekerja keras dalam pembelajaran, menurut Peter, lingkungan pembelajaran yang nyaman juga membantu dalam daya serap ilmu. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memiliki lapangan terbuka hijau setidaknya 10 kilometer di sekitar rumah itu meningkatkan IQ sekitar 10 angka. Saya rasa itu hubungannya dengan emosi.

Saya kadang-kadang kalau stres terus di rumah kebetulan saya punya taman di rumah merasa tenang ujar Peter yang memiliki asa untuk mengembangkan varietas-varietas unggul terutama pada bahan makanan.

Saya biasa belajar kebetulan taman itu dihubungkan ke dalam ruangan dengan jendela. Jadi saya biasa duduk di meja makan dalam ruangan tapi depan mata saya itu taman. Sehingga tempat belajarnya nyaman pemandangannya juga nyaman.

Referensi : ditpsmp kemdikbud
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon