06 November 2017

Soal OSN SD Tingkat Kecamatan

Mempersiapkan siswa untuk menjadi sang juara OSN tidak lepas dari peran guru disekolah. Disekolah Dasar Seleksi Untuk menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional itu diseleksi mulai tingkat sekolah masing-masing. Pada Tulisan ini kami akan bagikan soal OSN Matematika SD Tingkat Kecamatan yang di dilombakan dikecamatan Cileungsi pada tahun 2015. 

Soal OSN SD Tingkat Kecamatan

Untuk ikut olimpiade jenjang SD sangat banyak seleksi dilakukan, pertama sekolah melakukan seleksi, baik mata pelajaran ipa maupun matematika. Yang terbaik disekolah mereka akan dikirim ke tingkat kecamatan. Yang boleh iku adalah maksimal kelas V.

Setelah lulus seleksi tingkat sekolah, selanjutnya calon peserta OSN akan mengikuti seleksi Olipiade tingkat kecamatan yang diadakan oleh UPTD, seleksi tingkat kecamatan diikuti oleh peserta perwakilan dari sekolah masing-masing dilingkungan kecamatan tersebut

  1. Soal Lomba OSN Matematika SD Tingkat Kecamatan Tahun 2015 DOWNLOAD
  2. Kumpulan Soal OSN SD Tahun 2017-2018 Lengkap | DOWNLOAD
  3. Soal OSN IPA SD Tahun 2018 Tingkat Nasional | DOWNLOAD

Bagi yang dinyatakan lulus seleksi tingkat kecamatan, mendapatkan tiket untuk mengikuti seleksi osn tingkat kabupaten. Persaingan makin ketat. Tidak lagi perwakilan sekolah, tapi sudah perwakilan kecamatan, artinya yang hebat dikecamatan adalah yang terbaik dari yang baik dari perwakilan sekolah.

Pemenang OSN tingkat kabupatenmenapat tiket untuk menlanjutkan perlombaan ketingkat provinsi, seleksi Olimpiade SD tingkat provinsi semakin ketatnya persaingan karena pesaing merupakan andalan kabupaten masing-masing. Untuk tingkat provinsi soal yang di ujikan di OSN ini sudah sama soalnya se indonesia.

Tidak mudah untuk mendapatkan juara olimpiade provinsi atau mendapatkan tiket melanjutkan ke tingkat nasional. Tentu membutuhkan perjuangan tidak lepas dari siswa saja, tapi guru disekolah mempunya peran yang kuat dalam mempersiapkan diri siswa. Tentu saja orang tua tidak kalah peran pentingnya dalam memberikan motivasi, fasilitas dan lainnya yang diperlukan untuk menunjang instensitas belajar si anak dalam mempersiapkan diri.

Banyak cerita para pemenang OSN baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi yang pernah ikut sebagai peserta tingkat nasional. Mereka berjuang tidak berjuang hanya sekedar berjuang, mereka berjuang penuh dengan semua yang ada disekeliling juga ikut berjuang.

Pengalaman Alian Suhendra, Peserta OSN Tingkat Nasional 2007 dari Provinsi bengkulu, ceritnya dia berjuang penuh dengan penguasaan bidang lombanya dan doa, orang tua berjuang penuh dengan motivasi dan pendanaan biaya belajar tambahan bersama pelatih, guru disekolah juga berjuang memberikan bahan ajar yang dimiliki sekolah dan dibeli. Teman-teman selalu memberi motivasi semangat juang.

Pengalaman Husein, Siswa SMP N 1 Pasaman yang sudah 2 kali menjadi wakil kabupaten ke tingkat Provinsi. Perjuangannya Selain dari husein, orang tua, guru, ikut juga bundanya (adek dari ibu) yang terus rela jemput antar untuk husein yang pergi berlatih. Dari segi perlengkapan baik dari buku belajar dan lainnya semua memberikan dukungan.

Perjuangan keras membuahkan hasil yang manis. Usaha tidak menyia nyiakan hasil. Kesempatan lah yang harus selalu di intai. Jadilah sang juara OSN.

2 comments

  1. Assalamu'alaikum wr wb saya mencari soal -soal latihan OSN Matematika tetapi setiap download tidak muncul muncul 'tetapi kami senang banyak soal2 yang tanpa download sudah muncul

    ReplyDelete
  2. MANTAP BIAR ANAK2 JADIPINTAR TERUS BERBAGI

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon